Sabtu, 29 September 2012

Pemrograman (percabangan)

Dasar Teori
Pada beberapa kasus pemrograman terkadang kita menginginkan computer melakukan suatu aksi tertentu bila suatu kondisi terpenuhi. Bahasa Pascal menyediakan dua cara penyajian perintah bersyarat, yaitu If…Then…Else dan Case…of.
1.    Percabangan If . . .
Perintah percabangan If…Then…Else adalah suatu perintah yang berfungsi untuk mengambil keputusan dari beberapa kondisi. Bentuk percabangan ini biasanya digunakan untuk kondisi yang jumlahnya tidak terlalu banyak.
Bentuk sintaks dari perintah bersyarat ini adalah:
If <kondisi_pencabangan> then
Begin
... {aksi-1}
end;
2.    Percabangan Case. . .Of
Perintah bersyarat Case umumnya digunakan untuk kondisi dengan banyak pencabangan. Syarat pencabangan pada bentuk ini hanya boleh melibatkan satu buah parameter dengan tipe data bukan Real. Pemeriksaan kondisi di sini lebih tepat disebutkan dalam hubungan relasi samadengan (=). Dengan demikian bila parameter bernilai tertentu maka dilakukan suatu aksi terkait, bila bernilai lain maka dilakukan aksi yang lain juga, demikian seterusnya.
Bentuk umum penggunaan Case . . . Of :
Case <Parameter> Of
<nilai_1> : <aksi_1> ;
<nilai_2> : <aksi_2> ;
...
<nilai_n> : <aksi_n> ;
Else <aksi_n+1> ;
End;
Program ini saya pelajari saat menempuh materi kuliah antar muka di semester 4 jurusan teknik elektro universitas negeri malang. Yang di bimbing oleh bapak Ilham Ari Elbaith Zaeni .
Karena ilmu yang kita sampaikan tidak akan pernah hilang :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar