Sabtu, 29 September 2012

Prinsip kerja transformator

TRANSFORMATOR
  • Pendahuluan
Banyak dari alat listrik yang dalam pembuatannya menggunakan transformator, yaitu sebagai berikut :
  1. Voltage stabilizer,
  2. Kamera digital,
  3. Laptop,
  4. Charger handphone, dan lain – lain.
Transformator adalah suatu peralatan listrik yang berfungsi untuk mengubah sumber tegangan AC menjadi tegangan AC yang lain, tapi memiliki frekuensi yang sama.
  • Prinsip
    Jika terdapat dua koil berpasangan secara induktif dan terjadi perubahan arus listrik pada salah satu coil kemudian diinduksikan dengan coil yang lain.
  • Konstruksi Transformator
    Transformator terdiri dari inti besi yang berbentuk persegi yang berpenyekat. Terdapat P1 dan P2 pada bagian primer dan S1 dan S2 pada bagian sekunder. Pada koil P1 dan P2 diberikan sumber tegangan AC. Pada koil ke dua S1 dan S2 disambungkan dengan resistor.
  • Tipe Transformator
    Tipe transformator ada dua yaitu :
  1. Step – up Transformer
    Pada Step – up Transformer, lilitan pada coil sekunder lebih besar dari pada lilitan pada coil primer. Lilitan coil primer berasal dari kawat tembaga yang tebal sedangkan pada coil sekunder berasal dari kawat tembaga yang tipis. Transformator tipe step – up digunakan untuk mengubah tegangan rendah dengan arus yang besar ke tegangan yang tinggi dengan arus yang kecil.
  2. Step – down Transformer
  • Prinsip kerja
  1. Untuk coil primer
=
Dimana adalah perubahan fluks magnet
  1. Untuk coil sekunder
    =
    Jadi = = K
    Dimana k adalah perbandingan transformer
    Untuk Step – up Transformer > dan K > 1
    Untuk Step – down Transformer < dan K < 1
  • Aplikasi Transformator
  1. Step down Transformer
    Step down Transformer biasanya digunakan untuk memperoleh arus yang besar dalam penggunaan las listrik. Transformer lebih utama digunakan untuk transmisi atau pengirinam energy listrik pada jarak yang jauh.
  2. Step up Transformer
    Step up Transformer juga digunakan untuk menghasilkan sinar X, voltage regulator dan power supply. Transformator yang berukuran kecil digunakan untuk perlengkapan radio, televise, telepon dan lain – lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar